Minggu, 06 Desember 2015

laporan penelitan



TUGAS MANAJEMEN DOKUMENTASI
LAPORAN KEARSIPAN
DI KANTOR PERPUSTAKAAN, ARSIP DAN DOKUMENTASI SUKOHARJO

                        

Laporan ini disusun  untuk memenuhi
Tugas Mata Kuliah Kearsipan semester 1
Program Studi Administrasi Perkantoran Angkatan 2015 / 2016
1.      Dyah Hastuti
2.      Eni Wariyah
3.      Luluk Indriani S.
4.      Retno Tri Susanti




ADMINISTRASI PERKANTORAN                                                PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI                                                                                                      IPMI KUSUMA BANGSA                                                                                                 SURAKARTA  2015

KATA PENGANTAR


Puji Syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan hasil observasi “Kantor Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi Sukoharjo”. Hasil observasi ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Kearsipan yang diampu oleh Ibu Dilla Octavianingrum.

            Kami mengucapkan terimakasih pada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini baik bantuan secara materiil maupun moril sehingga laporan ini dapat terselesaikan dengan baik.

            Akhirnya kami menyadari, bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Sehingga penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat memberikan sumbangan yang lebih nyata terhadap peningkatan kemajuan pendidikan di Indonesia


Penulis












PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG PENTINGNYA KEARSIPAN
Dewasa ini masih banyak orang yang apabila mendengar istilah “Arsip”, otomatis timbul bayangan tumpukan kertas kotor, penuh debu, ruangan yang kotor penuh kertas berserakan, dengan petugas yang tidak bergairah, kurang terdidik, dan sebagainya. Keadaan semacam itu, tidak mudah untuk diubah dengan cepat. Karena kearsipan mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan instansi apalagi di dunia pendidikan, maka arsip perlu dikelola dengan baik sehingga ada pihak yang membutuhkan akan dapat disajikan dengan cepat dan tepat.
Dengan perkembangan teknologi modern seperti sekarang ini, mengakibatkan kedudukan kearsipan semakin meningkat, terutama karena manfaatannya. Dan pada suatu saat kita akan membutuhkannya, kita akan dibuat kalang kabut. Untuk itu betapa pentingnya kita mengarsipkan segala sesuatu yang kita anggap penting.Teknologi modern telah menciptakan berbagai perangkat dan sistem yang besar sekali manfaatnya terhadap kearsipan.
Keberadaan arsip dalam suatu organisai, sering dikatakan sebagai salah satu indicator baik buruknya manajemen organisasi. Tuntutan akan terwujudnya Good Government dan Clean Government, yang berlandaskan prinsip-prinsip kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas dan profesionalisme, mensyaratkan adanya suatu perubahan manajemen pemerintah.
Kearsipan merupakan salah satu jenis pekerjaan kantor atau pekerjaan tatausaha, yang banyak dilakukan oleh badan-badan pemerintah, maupun badan swasta. Kearsipan menyangkut pekerjaan yang berhubungan dengan penyimpanan warkat atau surat-surat, dan dokumen-dokumen kantor lainnya. Kegiatan yang berhubungan dengan penyirnpanan surat-surat dan dokumen inilah yang selanjutnya disebut kearsipan. Kearsipan memegang peranan penting bagi kelancaran jalannya organisasi, yaitu sebagai sumber dan pusat rekaman informasi bagi suatu organisasi.
B. RUMUSAN MASALAH
 Pengarsipan dalam suatu instansi merupakan hal yang paling diperhatikan tetapi pada kenyataannya banyak sekali instansi yang kurang memperhatikan pengarsipan dokumen - dokumen  tersebut sehingga ketika ada dokumen yang diperlukan, mereka akan susah dalam mencari dokumen yang diperlukan tersebut.
Oleh karena itu, dalam suatu instansi pemerintah maupun swasta  perlu memperhatikan berbagai hal yang berkaitan dengan keadaan kantor tersebut. Hal-hal yang perlu dipahami dan diperhatikan antara lain sebagai berikut :

1.      Apakah ada pegawai khusus kearsipan / arsiparis di instansi tersebut ?
2.      Apakah ada tempat penyimpanan arsip tersendiri ?
3.      Bagaimana kondisi ruangan penyimpanan arsip ?
4.      Bagaimana cara penyimpanan arsipnya ?
5.      Apakah peralatan kearsipan sudah layak ?
6.      Kapan penyusutan kearsipan dilakukan ?
7.      Bagaimana keamanan arsip-arsip tersebut ?
8.      Bagaimana perhatian terhadap kearsipan?
9.      Seberapa sering arsip-arsip ini dibutuhkan?
10.   Apakah harapan ke depan untuk pengarsipan di instansi ini?
Apabila setiap instansi perkantoran baik swasta maupun pemerintahan  memperhatikan dengan baik tentang hal-hal  yang berkaitan dengan kegiatan pengarsipan, maka kegiatan kearsipan tersebut dapat berjalan lancar dan baik sehingga para pegawai nya pun tidak akan merasa kesulitan dalam pencarian dokumen yang dibutuhkan secara tepat, cepat dan benar.
C. TUJUAN OBSERVASI

Observasi yang kami lakukan terhadap pengarsipan di Kantor Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi Sukoharjo mempunyai banyak tujuan yang antara lain :
a.       Mengetahui keadaan kearsipan di Lingkungan pemerintahan
b.      Menganalisa pentingnya kearsipan
c.       Mengetahui bagaimana menyusun kearsipan yang baik
d.      Mengetahui berbagai permasalahan dalam kearsipan
e.       Menambah wawasan tentang bagaimana seharusnya kearsipan itu
f.       Mengetahui sistem kearsipan apa yang dipakai
g.      Mengetahui penyimpanan arsip yang benar


















PEMBAHASAN

A.PENENTUAN SAMPEL
Kantor Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi Sukoharjo terletak dibagian selatan. Kantor ini berada ditempat yang sangat strategis sehingga dapat di akses dengan mudah.
Kami memilih kantor perpustakaan, arsip dan dokumentasi ini karena kami melihat kantor ini mempunyai banyak arsip mengenai masalah akta pembangunan dan lain sebagainya. Sehingga kami tertarik untuk pengetahuan dan wawasan mengenai kearsipan pada khususnya dan tentang keadaan kantor arsip umumnya. Sebelum kami memaparkan hasil observasi kami terlebih dahulu kami uraikan tentang potensi Kantor Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi Sukuharjo :
Potensi Wilayah :
Instansi
Kantor Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi Kabupaten Sukoharjo

Alamat
:
Jl. Slamet Riyadi, No. 17 Sukoharjo 57513

Kabupaten/Kota
:
Sukoharjo

Nama Pimpinan Instansi
:
F. Ninik Ristiani, S.E., M.M

E-mail
:

Website
:

Telepon/Fax
:
(0271) 593021 Fax. (0271) 593021










B. HASIL OBSERVASI
Kantor ini adalah kantor terbesar di Daerah Sukoharjo, karena kantor tersebut menerima arsip/ dokumen dari seluruh kantor diwilayah sukoharjo.
1.      Keadaan Pengurus Arsip
Untuk mengurusi masalah arsip-arsip di Kantor Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi. Ada petugas kearsiapan yakni Bpk. Sri Waluyo, A.md dan Ibu Sumini. Ada pula petugas khusus dalam kearsipan yaitu Ibu Sumarah Murbano, S,sos serta Ibu Tutik Wahyuningsih, A.md.
2.      Tempat Penyimpanan Arsip
Di Kantor Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi ini mempunyai tempat penyimpanan arsip tersendiri yaitu Depo Arsip. Depo Arsip ini berada di Komplek Kantor Bupati dan di KPAD.
3.      Kondisi Kantor Pengarsipan
Kondisi ruang penyimpanan arsip di kantor ini belum standar karena ruang masih banyak jendela sehingga sinar matahari masih bisa menembus ruang sedangkan untuk AC sudah tersedia namun belum berfungsi secara maksimal.
4.      Cara Penyimpanan Arsip
Penyimpanan Arsip pada Kantor Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi ini adalah sebagai berikut :
a.       Arsip yang diterima dari seluruh kabupaten Sukoharjo dipilah/siseleksi
b.      Kemudian arsip dicatat pada kartu dishupsi
c.       Lalu arsip diberi sampul payung
d.      Kemudian dibuat daftar Arsip sesuai dengan permasalahan
e.       Arsip disusun sesuai dengan urutan daftar arsip
f.       Terakhir, arsip dimasukan pada box arsip dan diletakkan pada rak arsip.
5.      Peralatan atau perkakas penyimpanan arsip
Peralatan dikantor ini sudah cukup layak sesuai dengan standar wilayah. Sedangkan untuk rak arsip masih konvensional karena idealnya menggunakan roll-opaet.
6.      Penyusutan Kearsipan
Penyusutan kearsipan dilakukan setiap tahun. Penyusutan arsip yang di lalukan kantor ini ada 2 yaitu :
a.       Memindahkan arsip statis dari Unit pengolahan/ SKPD ke Unit Kearsipan/ Lembaga kearsipan.
b.      Memusnahkan arsip yang tidak mempunyai nilai guna.
7.      Keamanan kearsipan
Keamanan arsip dikantor ini dibagi menjadi 2 yaitu :
a.       Keamanan arsip dari bencana
-          Depo penyimpanan bebas dari banjir / berada di lantai 2
-          Disediakannya alat pemadam kebakaran
b.      Keamanan arsip dari kerusakan
-          Dilakukan komperisasi / pemberian kapur barus
-          Fisisk arsip dibersihkan secara berkala
8.      Seberapa sering arsip-arsip itu dibutuhkan
Rata-rata setiap bulan ada 5 orang yang membutuhkan arsip khususnya arsip in aktif/ statis.
9.      Perhatian terhadap kearsipan
Perhatian terhadap arsip sudah cukup bagus namun perlu ditingkatkan lagi.
10.  Harapan ke depan untuk pengarsipan dikantor ini
Harapan kedepan semoga dibuatkan Depo arsip yang standar sehingga keamanan arsip terjamin, kemudian SDM/ Petugas arsip ditambah sehingga dapat pengelola arsip secara maksimal, peralatan kearsipan terutama rak arsip diganti dengan roll-opaet, pengolahan arsip dibutuhkan aplikasi stumasi kearsipan karena selama ini masih konvensional.
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Pelaksanaan rnanajemen arsip aktif atau arsip dinarnis meliputi tahapantahapan yang satu sama lain saling terkait dan saling mendukung serta saling menjelaskan, sehingga mernbutuhkan penanganan secara baik, terencana, konsepsional dan secara profesional. Pengelolaan arsip merupakan bagian dari pada wawasan dan ruang lingkup sistem informasi manajemen. Keberhasilan pelaksanaan manajemen arsip akan mencapai hasil yang baik bilamana ditunjang dengan ketersediaan fasilitas dan teknologi informasi kearsipan yang handal.
Mengenai masalah kearsipan di Kantor Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi merupakan hal yang penting dan diperhatikan. Dengan adanya arsiparis di kantor ini menunjukkan bahwa masalah pengurusan arsip sudah ada petugasnya sendiri. Namun, walaupun sudah rapi, penataan arsip masih kurang serta kinerja petugas arsiparis berjalan dengan baik. Mengenai masalah perkakasnya juga masih kurang memadai.


B.     SARAN

Sebaiknya penataan arsip ditata lebih baik dan di koordinasikan secara lebih teratur. Sebaiknya rak arsip diganti dengan roll-opaet dan ruangan penyimpanan arsip dibuat lebih kedap terhadap cahaya matahari sehingga dapat mengantisipasi kerusakan biologis pada arsip.
Selain itu Arsiparis (orang yang bertugas untuk mengelola arsip) harus memiliki kriteria, antara lain: harus cakap dan cerdas, harus memahami dan mengerti tentang manajemen perkantoran, harus teliti dan ulet, harus sabar, harus memilki kepribadian dan sopan, harus memiliki pendidikan minimal sekolah menengah.

















Lampiran
Dokumentasi observasi Kantor Arsip,Perpustakaan,dan Dokumentasi Kabupaten Sukoharjo
IMG_8046.JPG

IMG_8040.JPG

IMG_8010.JPG
IMG_8014.JPG              
IMG_8012.JPG
IMG_8011.JPG
IMG_8016.JPG
IMG_8020.JPG







Tidak ada komentar:

Posting Komentar